Cara mengisi bensin di pom bensin “Self Service”

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman ketika saya mengisi bensin di pom bensin self service yang ada di Jakarta. 

Pengisian self service yang saya temui baru diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor saja. Ada dua cara atau metode yang pernah saya temui, yang pertama di pom bensin di Jalan Rasuna Said yang mengarah ke Perempatan Kuningan. Di pom bensin ini ada seorang penjaga yang bertugas seperti kasir, pembeli menyebutkan nominal yang akan dibeli dan memberikan uang, kemudian petugas kasir tersebut mencetak struk dan memberikan ke pembeli seraya memberi tahu nomor pompa untuk pengisian bensinnya. Tinggal ambil pompanya dan isi bensinya, tidak perlu menekan tombol apapun, karena sudah di-“setting” oleh si petugas kasir tadi.

Metode yang kedua saya temukan di pom bensin di daerah Slipi, tepatnya pom bensin yang berada di kiri jalan sebelum Perempatan Slipi dari arah Pos Pengumben. Hampir sama dengan metode yang pertama tadi, ada seorang petugas yang berfungsi sebagai kasir, pembeli menyebutkan jumlah dan menyerahkan uang kemudian petugas mencetak struk dan menyerahkan kepada pembeli tapi tidak memberi tahu pompa nomor berapa, akan tetapi bisa menggunakan pompa man saja yang kosong, setelah memilih pompa maka terdapat petunjuk  cara pengisian, yaitu, scan dulu barcode yang ada pada struk ke mesin scanner barcode yang menempel pada pompa kemudian baru isi bensin sebagaimana biasa.

Demikian pengalamn saya, Semoga Bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

